Berlangganan via email

Seluruh tulisan, gambar, dan foto dalam blog ini di bawah lisensi: Lisensi Creative Commons
ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Tanpa Adaptasi.

Monday, 18 April 2011

"Pengobatan Tradisional dalam Naskah Nusantara": Call for Papers Seminar Nasional Naskah Nusantara




Seminar Nasional Naskah Nusantara
Perpustakaan Nasional RI

Call for Papers

“PENGOBATAN TRADISIONAL DALAM NASKAH NUSANTARA”


Jakarta, 27-28 September 2011

PENDAHULUAN
Sampai saat ini, masyarakat tradisional di berbagai daerah di Indonesia masih memanfaatkan potensi sumber daya alam di sekitarnya dalam mengelola masalah kesehatan. Namun, pesatnya aplikasi teknologi dalam hampir semua aspek kehidupan modern, mengakibatkan semakin berkurangnya ketersediaan dan kearifan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia. Pada akhirnya, keanekaragaman pusaka alam, budaya dan saujana terkait dengan pengelolaan kesehatan masyarakat mengalami degradasi.

Naskah Nusantara sebagai warisan budaya membawa informasi berharga bersumber dari kearifan masa lalu. Salah satu informasi berharga yang terkandung dalam warisan leluhur itu adalah pengobatan tradisional. Teks “Usada” dari Bali, “Husada” dari Jawa, “Lontarak Pabura” dari Bugis, “Kitab Tibb” dari Melayu, dan “Ngurus Panyakit Talari Karuhun” dari Sunda adalah sebagian kecil dari contoh-contoh naskah yang mengandung informasi tentang pengobatan tradisional. Di dalam teks-teks lama tersebut, terkandung informasi mengenai jenis obat-obatan, metode pengobatan, mantra dan jampi-jampi, yang kiranya tetap menarik untuk dikaji pemanfaatannya dalam era modern kini.

PENGIRIMAN ABSTRAK
Kami mengundang para peneliti, pengkaji, dan pemerhati pengobatan tradisional dan naskah nusantara untuk menjadi pemakalah dalam kegiatan ini, dengan mengirimkan abstrak makalah terlebih dahulu. Semua abstrak yang masuk akan diseleksi oleh tim dari Perpustakaan Nasional, dan dipilih sejumlah makalah yang sesuai dengan tema “Pengobatan Tradisional dalam Naskah Nusantara”.

Abstrak makalah dikirim ke Panitia melalui e-mail dengan alamat: jumantara@pnri.go.id, dan diterima selambat-lambatnya tanggal 1 Juni 2011. Semua abstrak yang masuk akan diseleksi oleh panitia, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2011.

Bagi mereka yang diterima sebagai calon pemakalah diharuskan mengirimkan makalah lengkapnya paling lambat sebulan sebelum acara Seminar berlangsung, yakni tanggal 27 Agustus 2011. Panitia menyediakan fasilitas akomodasi, konsumsi, dan insentif sewajarnya kepada calon pemakalah.

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup seminar meliputi berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan Tema yang terbagi dalam topik:
1. Tanaman obat dalam naskah nusantara;
2. Mantra pengobatan dalam naskah nusantara;
3. Praktek pengobatan dalam naskah nusantara;
4. Ritual penyembuhan dalam naskah nusantara;
5. Tanaman obat khazanah nusantara budidaya masyarakat;
6. Praktek pengobatan tradisional di masyarakat.


MAKSUD DAN TUJUAN
Seminar Naskah Nusantara ini bertujuan untuk:
  1. Mengidentifikasi, mendokumentasikan dan mengkaji berbagai jenis obat-obatan tradisional yang terdapat dalam Naskah Nusantara.
  2. Mengidentifikasi, mendokumentasikan dan mengkaji berbagai mantra pengobatan tradisional yang terdapat dalam Naskah Nusantara.
  3. Mengidentifikasi, mendokumentasikan dan mengkaji berbagai praktek pengobatan tradisional yang terdapat dalam Naskah Nusantara.
  4. Mengidentifikasi, mendokumentasikan dan mengkaji berbagai jenis ritual penyembuhan tradisional yang terdapat dalam Naskah Nusantara.
  5. Mengupayakan strategi ke arah pengakuan hak intelektual masyarakat tradisional Indonesia berkaitan dengan pengobatan tradisional.
PEMBICARA
• Keynote Speaker: Jaya Suprana (Direktur Jamu Jago, Budayawan)
• Pemakalah terpilih dari call for papers.
INFORMASI LAIN
Semua informasi lain berkaitan dengan Seminar Naskah ini akan diinformasikan kemudian melalui situs Perpustakaan Nasional RI dengan halaman http://www.pnri.go.id

Sekretariat
Jl. Salemba Raya No. 28A
Jakarta 10002
Telp/Faks: 021-3103554
E-mail: jumantara@pnri.go.id
Web: www.pnri.go.id

Contact Person
Rifa: 081399772354
Dian: 082124361085
Didik: 08156874754

0 comments:

Post a Comment

Daftar Artikel