Berlangganan via email

Seluruh tulisan, gambar, dan foto dalam blog ini di bawah lisensi: Lisensi Creative Commons
ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Tanpa Adaptasi.

Sunday, 12 October 2008

Edi S. Ekadjati

Prof. Dr. H. Edi Suhardi Ekadjati (Kuningan, 25 Maret 1945–1 Juni 2006) adalah seorang sejarawan asal Indonesia. Ia dikenal sebagai pakar naskah Sunda Kuno. Terakhir ia bekerja sebagai Guru Besar dan dosen Fakultas Sastra Universitas Padjajaran serta Ketua Pusat Studi Sunda.



Ekadjati meraih gelar sarjana dari Universitas Padjadjaran pada Jurusan Sejarah Fakultas Sastra (1964-1971) dan gelar doktor dari Universitas Indonesia pada Program Studi Filologi (1976-1979). Ekadjati juga pernah mengikuti studi lanjutan tentang filologi untuk penelitian sejarah pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Leiden (1974-1975) dan pernah menjadi Guru Besar Tamu pada Research Institute for Language and Cultures of Asia and Africa di Tokyo University of Foreign Studies, Jepang.
Rata Penuh
Saat tinggal di Jepang pada tahun 2002, ia melakukan penelitian tentang kebudayaan Sunda pada zaman Kerajaan Pajajaran. Ekadjati dikenal pula sebagai salah seorang pendiri Yayasan Kebudayaan Rancagé dan Caraka Sundanologi bersama sejumlah pakar lainnya.

Ia pernah menerima sejumlah penghargaan, di antaranya Satyalencana Karya Sastra 20 Tahun (1998) dari Presiden Indonesia, Satya Karya Bhakti 15 Tahun (1996), dan Adhitya Tridharma Nugraha sebagai Dosen Teladan Tingkat Nasional Tahun 1982.

Ekadjati meninggalkan seorang istri, Hj. Utin Nurhusna, dan empat orang anak.

ket:
Artikel diambil dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
gambar dari http://ppss.or.id

0 comments:

Post a Comment

Daftar Artikel